7 Wisata Padang Pasir Paling Terkenal di Indonesia

7 Wisata Padang Pasir Paling Terkenal di Indonesia

7 Wisata Padang Pasir Paling Terkenal di Indonesia

7 Wisata Padang Pasir Paling Terkenal di Indonesia – Destinasi wisata di Indonesia memang beragam. Bukan hanya pantai dan gunung, kamu juga bisa berlibur ke padang pasir.

Rasanya seolah-olah berada di kawasan Timur Tengah, wisata satu ini bakal bikin kamu takjub. Berikut tujuh rekomendasi wisata padang pasir di Indonesia yang kece banget.

1. Gurun Pasir Telaga Biru Busung

5 Ideas Where to Find Incredible Landscapes in Bintan - Indonesia Travel

Berada di tempat ini, pemandangan yang disuguhkan tidak hanya padang pasir putih. Terdapat telaga dengan air berwarna biru, sekilas mirip dengan oase.

Melansir https://christian-mommies.com/ kamu wajib berfoto dengan latar padang pasir kece di sini. Banyak properti juga yang bisa kamu manfaatkan, seperti ayunan, boneka unta, hiasan bambu, dan area memanah. Kalau pengin bermain di telaga, kamu bisa menyewa perahu bebek seharga Rp20 ribu.

Lokasi: Jalan Raya Busung, Busung, Seri Kuala Lobam, Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau

Jam operasional: setiap hari pukul 09.00-17.00 WIB

Harga: gratis

2. Gumuk Pasir Sumalu

Gumuk Pasir Sumalu, Wisata Alam Kebanggaan Toraja - Wisata Terbaik

Pulau Sulawesi juga punya wisata padang pasir. Gumuk Pasir Sumalu namanya. Berbeda dengan kebanyakan gurun pasir, tekstur tanahnya cenderung padat dengan bukit-bukit hijau yang mengelilingi.

Biar seru, kamu bisa berseluncur dari atas gumuk, tapi harus tetap berhati-hati. Kalau hanya ingin menikmati suasananya, singgahlah sampai sore hari, karena kamu bisa menyaksikan keindahan langit senja di sini.

Lokasi: Rantebua Sumalu, Rantebua, Kabupaten Toraja Utara, Sulawesi Selatan

Jam operasional: setiap hari, 24 jam

Harga: gratis

3. Padang Pasir Pantai Tulamben

Wisata Padang Pasir Yang Lagi Ngehits Di Indonesia

Padang pasir satu ini berada di dekat Pantau Tulamben. Dihiasi dengan pepohonan lontar makin menambah kesan tropis yang menawan. Kamu bisa menikmati suasana padang pasir sambil mendengar suara deruan ombak yang menenangkan.

Jika bosan, kamu juga bisa tinggal berjalan kaki ke pantai. Ada fasilitas diving di sini. Sekali sesinya dikenakan harga mulai dari Rp600-800 ribu.

Lokasi: Karangasem, Tulamben, Kubu, Kabupaten Karangasem, Bali

Jam operasional: setiap hari, 24 jam

Harga: Rp5.000

4. Pasir Berbisik

Pasir Berbisik in Bromo Mountain, East Java Province - Indonesia

Destinasi wisata satu ini masuk ke dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger. Kalau sedang mendaki Gunung Bromo, kamu juga wajib banget mampir ke sini. Hamparan pasirnya cenderung berwarna kehitaman, berbeda dengan padang pasir lain.

Sesekali kamu akan mendengar pasir-pasir tersebut berbisik kalau kamu mendekatkan telinga ke hamparan pasir. Kamu bisa menikmati keindahan alam sambil menunggangi kuda.

Lokasi: timur kawah Gunung Bromo, Jawa Timur

Jam operasional: setiap hari, 24 jam

Harga: WNI Rp29ribu pada hari biasa dan Rp34ribu untuk akhir pekan, sedangkan WNA Rp220ribu di hari biasa dan Rp320 untuk akhir pekan

5. Padang Pasir Oetune

Gurun Pasir Oetune di Pantai Oetune, Berasa di Timur Tengah

Padang pasir ini hampir mirip dengan yang ada di Bali, karena lokasinya berdekatan dengan pantai. Tempat ini berada di Nusa Tenggara Timur, luasnya mencapai 100 meter persegi di sepanjang pantai.

Akses menuju ke sini terbilang mudah, waktu tempuhnya sekitar dua jam. Kalau sudah sampai, dijamin kamu bakal langsung terpesona.

Berada di padang pasir ini seperti sedang menginjakkan kaki di dua tempat yang berbeda. Jika ingin bermain air, kamu juga bisa tinggal jalan saja ke Pantai Oetune.

Lokasi: Tuafanu, Kualin, Kabupaten Timor Tengah Selatan, Nusa Tenggara Timur

Jam operasional: setiap hari, 24 jam

Harga: Rp3.000

6. Gumuk Pasir Parangkusumo

Parangkusumo Sand Dune in Bantul Regency, Yogyakarta Special Region

Gumuk pasir ini berada di selatan Yogyakarta, tepatnya masih satu kawasan dengan Pantai Parangtritis. Kamu bisa bermain sandboarding, berseluncur bebas dengan papan di atas lembutnya pasir. Harga sewanya juga hanya Rp70 ribu.

Selain itu, kamu juga bisa berfoto kece di sini. Banyak juga spot menarik untuk hunting foto, seperti ayunan, gundukan pasir, dan tanaman khas gurun. Singgahlah hingga sore, supaya bisa menikmati keindahan senja.

Lokasi: Jalan Pantai Parangkusumo, Grogol 10, Kretek, Pantai Parangtritis, Kretek, Bantul, Yogyakarta

Jam operasional: setiap hari pukul 07.00-18.00 WIB

Harga: gratis

7. Padang Pasir Kersik Luway

Padang Pasir Kersik Luway di Hutan Borneo

Namun kebanyakan padang pasir berada di pinggir pantai, lokasi yang satu ini malah berada di dalam hutan belantara. Sekitar 500 hektare pasir putih dikelilingi hutan lebat, seolah menjadi penjaga wisata tersebut.

Meski infrastruktur dan aksesnya belum memadai, berwisata sambil menjelajah hutan bisa jadi hal yang menyenangkan. Kamu juga bisa melihat beragam flora langka, seperti kantong semar, pardu, dan anggrek hitam.

Lokasi: Sekolaq Darat, Kabupaten Kutai Barat, Kalimantan Timur

Jam operasional: setiap hari pukul 08.00-16.00 WIB

Harga: gratis

Comments are closed.