Oli Motor Kamu Bocor? Cara Perbaikinya Seperti Ini

Oli Motor Kamu Bocor? Cara Perbaikinya Seperti Ini

Oli Motor Kamu Bocor? Cara Perbaikinya Seperti Ini

Kebanyakan orang pasti senang berpergian menggunakan kendaraan pribadi, utamanya sepeda motor. Hal itu karena dapat menunjang mobilitas kita untuk bisa menjelajahi dari tempat ke tempat.

Namun dalam menggunakan sepeda motor terkadang kita lupa atau malah tidak tahu cara merawatnya. Ada banyak masalah yang akan dihadapi para riders ini, salah satunya adalah oli bocor. Bagaimana cara menangani kebocoran oli? Di lasnir dari kardyphoto.com, berikut adalah cara perawatannya.

1. Cek bautnya

Yang pertama di kutip dari http://louisvuittonoutletstoreslv.us.com/, soal kebocoran yang pertama kamu harus cek adalah baut di wadah olinya. Jika terdapat rembesan oli yang mengalir, maka penyebabnya adalah baut motor yang kurang rapat, atau malah bisa saja sudah rusak.

Kalau kasusnya seperti itu, kamu perlu mengganti baru ring beserta bautnya, agar motor tetap dalam kondisi prima.

Ada cara lain, yaitu dengan menggunakan selotip pipa air agar oli tidak keluar. Namun, cara ini hanya berlaku sementara saja, sehingga lebih direkomendasikan untuk segera mengganti baut tempat oli motor kamu.

2. Cek packing mesin motor

Yang kedua, kamu perlu cek packing mesin motor. Mungkin penyebab bocornya oli adalah packing mesin yang sudah mulai aus.

Jika benar, kamu perlu menggantinya dengan packing yang baru. Untuk harganya, packing mesin motor dijual dengan harga Rp100 ribu hingga Rp500 ribu per buahnya.

3. Periksa engkol dan as gear motor

Yang ketiga, kamu pengguna motor manual atau kopling? Kalau iya, maka coba lah  cek cek engkol dan as gear motor kamu. Apabila terdapat rembesan oli yang mengalir di bagian tersebut, itu berarti engkol atau as gear motor kamu yang sedang bermasalah. Maka dari itu, kamu perlu mengganti seal motor yang original, agar tidak cepat rusak.

4. Segera ganti oli motor

Yang terakhir, oli yang tidak sesuai dengan spesifikasi motor juga bisa menyebabkan kebocoran. Selain tidak sesuai, bisa saja oli yang kamu kurang berkualitas dan dapat menyebabkan kerusakan mesin.

Untuk itu, kamu bisa menggunakan oli yang sudah di rekomendasikan sesuai dengan motor. Mungkin agak sedikit mahal, namun hal itu perlu di lakukan agar motor bisa awet dan tahan lama.

Harga oli yang sedikit lebih mahal tidak sebanding dengan perbaikannya. Maka dari itu, gunakan oli yang berkualitas dan servis secara berkala ya.

Comments are closed.