Tempat Wisata di Surabaya yang Gratis

Tempat Wisata di Surabaya yang Gratis

Tempat Wisata di Surabaya yang Gratis

Tempat Wisata di Surabaya yang Gratis, – Bagi sebagian orang, mengunjungi Kota Surabaya hanya dihabiskan untuk menyelesaikan urusan pekerjaan atau bahkan pendidikan. Namun tak jarang beberapa orang di antaranya sengaja mengunjungi Surabaya untuk menikmati libur akhir pekan atau bahkan libur panjang.

Dikutip dari laman http://utowndc.com, rekomendasikan beberapa tempat wisata di Surabaya yang gratis dan Instagramable banget, pas buat hunting foto. Penasaran di mana aja? Simak ulasan selengkapnya pada bawah ini, yuk!

Jembatan Suroboyo

Jembatan Suroboyo punya panjang 800 meter, lebar 18 meter, dan tinggi 12 meter. Dan desain Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini ini sangat cantik dengan air mancur warna-warni.

Setelah tutup untuk perawatan, sekarang jembatan sudah beroperasi normal. Dari sini, kamu bisa melihat Jembatan Suramadu yang membentang luas. Waktu terbaik ke sini yakni pagi atau sore hari.

  • Lokasi: Jalan Raya Pantai Lama, Kenjeran, Kecamatan Bulak
  • Jam buka: 24 jam

Museum Surabaya

Museum Surabaya berlokasi pada Gedung Siola yang berdiri sejak 1877. Tempat ini menyajikan beragam koleksi bersejarah tentang Surabaya. Antaranya seperti becak, pakaian adat, wayang, replika rumah kuno, dokumen berbahasa Belanda, dan sebagainya.

  • Lokasi: Gedung Siola, Jalan Tunjungan, Nomor 1, Genteng
  • Jam buka: Selasa-Minggu pukul 09.00-21.00 WIB

Sunan Ampel

Kawasan Sunan Ampel sudah populer sebagai wisata religi. Sesuai namanya, umat muslim bisa ziarah ke makam Sunan Ampel dan para santrinya.

Selain itu, kamu bisa berwisata kuliner khas Arab yang terkenal dengan kelezatannya. Berbagai jenis kurma, roti canai, es permen karet, roti maryam, hingga pernak-pernik khas Arab.

  • Lokasi: Jalan Petukangan I, Ampel, Kecamatan Semampir
  • Jam buka: 24 jam

De Javasche Bank

Tempat ini merupakan bank terkemuka pada zaman kolonial Belanda. Kondisi bangunan yang berdiri sejak 1910 ini masih terjaga baik. Hanya ada penambahan AC dan alat keamanan untuk kenyamanan pengunjung.

Kamu bisa melihat mesin pencetak uang, sistem keuangan zaman kolonial, gudang emas, CCTV zaman dahulu, dan masih banyak lagi yang lainnya.

  • Lokasi: Jalan Garuda Nomor 1, Krembangan Selatan, Kecamatan Krembangan
  • Jam buka: Selasa-Minggu, 08.00-16.00 WIB

Kebun Bibit Wonorejo

Kebun Bibit Wonorejo ini sangat pas untuk menghirup udara segar pada tengah kota Surabaya. Suasananya sangat sejuk, ada danau besar untuk bersantai dan me time. Pas banget kunjungi bareng keluarga, karena ada tempat bermain untuk anak-anak.

  • Lokasi: Jalan Raya Kendalsari Nomor 70, Wonorejo, Kecamatan Rungkut
  • Jam buka: setiap hari pukul 08.00-17.00 WIB

Hutan Mangrove Gunung Anyar

Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Surabaya, Hutan Mangrove Gunung Anyar juga terus dikembangkan layaknya kawasan Hutan Wonorejo. Adapun fasilitasnya seperti tempat parkir, musala, area bermain, dan area foto.

  • Lokasi: Jalan Medokan Sawah Timur Segoro Tambak Sedati, Medokan Ayu, Kecamatan Rungkut
  • Jam buka: setiap hari pukul 07.00-17.00 WIB

Hutan Mangrove Wonerejo

Selain taman indah, Surabaya juga mengembangkan hutan mangrove. Awalnya, kawasan ini gunakan sebagai tempat konservasi alam dan penelitian. Namun, seiring berjalannya waktu, tempat ini jadikan sebagai kawasan wisata alam.

Fasilitasnya sudah cukup memadai, ada musala, toilet, pusat kuliner, tempat parkir, dan lain-lain. Kamu bisa menyewa perahu untuk mengeksplor hutan.

  • Lokasi: Jalan Raya Wonorejo Nomor 1, Wonorejo, Kecamatan Rungkut
  • Jam buka: setiap hari pukul 07.00-17.00 WIB

House of Sampoerna

Tak jauh dari De Javasche Bank, terdapat museum sekaligus tempat memproduksi rokok Sampoerna. Museum yang baru resmi pada 2003 ini punya banyak hal menarik. Paling spesial adalah adanya bus Surabaya Heritage Track (SHT).

Naik bus tidak terkena biaya. Bus SHT akan membawamu berkeliling mengenal sejarah pada Surabaya. Ada tour guide yang akan menjelaskan secara detail cerita pada balik tempat yang kamu kunjungi.

  • Lokasi: Taman Sampoerna Nomor 6, Krembangan Utara, Kecamatan Pabean Cantikan
  • Jam buka: Selasa-Minggu pukul 09.00-18.00 WIB

Mini Agrowisata

Arek-arek Suroboyo sekarang tidak perlu pergi ke luar kota untuk liburan ke tempat agrowisata. Kamu boleh membawa pulang hasil panen dan minta bibitnya, ketika stoknya melimpah.

Lahan seluas 6.000 meter persegi ini tertanam beragam tanaman, tumbuhan, dan sayuran. Banyak pula hewan ternak, seperti kambing, ayam, dan kelinci.

  • Lokasi: Jalan Pagesangan II Nomor 56, Kecamatan Jambangan
  • Jam buka: Senin-Jumat pukul 08.00-14.00 WIB dan Sabtu-Minggu pukul 09.00-15.00 WIB

Taman Harmoni

Pemerintah kota terus mempercantik Surabaya dengan beragam taman cantik. Salah satunya Taman Harmoni pada kawasan Keputih.

Taman ini penuh dengan bunga dan pepohonan yang pas untuk bersantai. Datang ke sini saat pagi atau sore hari.

  • Lokasi: Jalan Keputih Tegal Timur II Nomor 249, Keputih, Kecamatan Sukolilo
  • Jam buka: setiap hari, 06.00-18.00 WIB

Itulah tempat wisata di Surabaya yang gratis dan bisa jadi rekomendasi liburanmu. Kamu sudah mampir ke mana saja, nih?

Comments are closed.