Tips Destinasi Wisata ke Pusat Laut Donggala

Tips Destinasi Wisata ke Pusat Laut Donggala

Tips Destinasi Wisata ke Pusat Laut Donggala

Tips Destinasi Wisata ke Pusat Laut Donggala, – Destinasi wisata Sulawesi umumnya didominasi oleh wisata bahari. Pulau yang dulu dikenal juga dengan nama Celebes ini memang terkenal dengan pantai dan alam bawah lautnya yang indah. Salah satu provinsi di Sulawesi, yaitu Sulawesi Tengah memiliki destinasi wisata yang unik. Donggala, yang merupakan ibu kota kabupaten di provinsi Sulteng ini, memiliki sebuah destinasi wisata yang memukau.

Nama destinasi wisata itu adalah Pusat Laut Donggala. Tempat wisata donggala ini berhubungan dengan wisata bahari. Wisata pusat laut Donggala sudah ini bentuknya mirip dengan sebuah sumur dan memiliki nama yang bermacam-macam. Lokasi Pusat Laut Donggala berada di Dusun Simbe, di Desa Limboro, Kabupaten Donggala. Destinasi wisata ini menjadi wisata Donggala yang favorit. Untuk bisa menikmati keindahan objek wisata ini dengan leluasa, pengunjung harus datang di weekday karena tempat ini sangat terkenal.

Pulau Sulawesi memiliki banyak destinasi wisata bahari yang memukau. Sebut saja Kepulauan Wakatobi, Bunaken, hingga berbagai pantainya yang masih asri.

Kalau pengin berwisata air dengan cukup unik, cobalah pergi ke Pusat Laut Donggala di Sulawesi Tengah. Sumur dengan air jernih ini memiliki kedalaman hingga tujuh meter. Diameternya sekitar sepuluh meter.

Destinasi wisata Sulawesi Tengah ini dikenal juga dengan nama Pusentasi. Nama Pusentasi sendiri merupakan sebuah kata dari bahasa Kaili, yaitu suku asli Sulawesi Tengah. Kata pusen artinya pusat dan tasi artinya laut.

Lokasi, jam operasional, dan harga tiket

Lokasi: Dusun Simbe, Desa Limboro, Kecamatan Banawa Tengah, Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah

Jam operasional: setiap hari pukul 07.00-18.00

Harga: WNI seharga Rp10 ribu, sedangkan untuk WNA seharga Rp15 ribu

Rute perjalanan menuju Pusat Laut Donggala

Terdapat beberapa rute yang bisa kamu pilih, tapi tergantung dari mana kamu memulai perjalanan. Di antaranya seperti berikut ini:

Dari Kota Palu:
Dari sini, melajulah ke Jalan Soekarno Hatta, lalu berbeloklah ke Jalan Tombolotutu hingga ke Jalan Cut Mutia. Setelah bertemu Taman Ntovea, beloklah ke Jalan Rajamoili dan menyeberang Sungai Palu menuju ke Jalan Kyai Haji Wahid Hasyim.

Masuklah ke Jalan Poros Palu-Mamuju hingga ke Jalan Malonda. Kemudian, kamu akan memasuki Jalan Trans Palu-Donggala hingga ke Jalan Malonda, ikuti terus jalan tersebut.

Sesampainya di Jalan Banawa, beloklah ke kanan dan kamu akan menemukan jalanan yang cukup berkelok. Saat berada di perempatan Jalan Banawa dan Jalan Palu-Mamuju, beloklah ke kanan, kamu akan menemukan Pusat Laut Donggala di ujung jalan.

Dari Kabupaten Donggala:
Masuklah ke Jalan Batusuya-Tamarenja saat berada di pertigaan Jalan Tolitoli-Palu, belok ke kiri dan melaju hingga melewati Pantai Enu. Kemudian, menyeberang melalui Jembatan Toaya menuju Jalan Trans Sulawesi.

Sesampainya di Jalan Yos Sudarso, melajulah hingga ke Jalan Cut Mutia dan menyeberangi Sungai Palu menuju Jalan Kyai Haji Wahid Hasyim.

Selanjutnya, masuk ke Jalan Poros Palu-Mamuju hingga ke Jalan Malonda. Kemudian, kamu akan memasuki Jalan Trans Palu-Donggala hingga ke Jalan Malonda, ikuti terus jalan tersebut.

Sesampainya di Jalan Banawa, beloklah ke kanan dan kamu akan menemukan jalanan yang cukup berkelok. Saat berada di perempatan Jalan Banawa dan Jalan Palu-Mamuju, beloklah ke kanan, dan kamu akan menemukan Pusat Laut Donggala di ujung jalan.

Comments are closed.